Halaman

Mapping ER Ke Tabel Data Perusahaan

Sistem Kepegawaian di Suatu Perusahaan A

Perusahaan A memiliki 100 pegawai. 

Setiap pegawai dipimpin pengawas/mandor dari pegawai perusahaan itu sendiri dan tidak semua pegawai memimpin pegawai yang lain. sehingga satu pengawas dapat memimpin beberapa pegawai. 

Setiap pegawai bekerja untuk suatu departemen dan dalam suatu departemen dapat terdiri dari beberapa pegawai. 

Setiap departemen dikepalai oleh seorang pegawai yang bekerja mulai tanggal tertentu. 

Sebuah departemen dapat berada di beberapa lokasi. 

Selain bekerja di suatu departemen pegawai dapat bekerja pada beberapa proyek. Setiap proyek dikendalikan/diatur oleh suatu departemen, namun suatu departemen tidak harus mengendalikan/mengatur proyek. 

Satu departemen dapat mengendalikan beberapa proyek dan satu proyek hanya dikendalikan oleh satu departemen Satu proyek dapat terdiri dari beberapa pegawai. 

Untuk keperluan penggajian perusahaan memerlukan data tanggungan pegawai. Seorang pegawai dapat menanggung beberapa tanggungan. Jika seorang pegawai pindah maka datanya akan dipindahkan / dihapus berikut data tanggungan / keluarganya.

Penyelesaian Pemetaan ER ke Relasi Tabel berdasarkan urutan langkah-langkah :

1. Berdasarkan algoritma nomor 1 aturan tentang entitas kuat maka lakukan beberapa langkah di bawah ini : 

  • Untuk setiap entitas kuat Entitas Kuat, buat tabel baru Eks. 
  • Sertakan seluruh simple atribut. 
  • Sertakan simple atribut dari composite atribut yang ada. 
  • Pilih salah satu atribut kunci sebagai primary key.  
Gambar 1. Mapping ER ke Tabel Untuk Entitas Kuat

2. Berdasarkan algoritma nomor 2 aturan tentang entitas entitas lemah. Untuk setiap entitas lemah EH, laakukan beberapa langkah dibawah ini : 
  • Buat tabel baru EH. 
  • Sertakan seluruh simple atribut. 
  • Tambahkan primary key dari entitas kuatnya (owner entity type) yang akan digunakan sebagai primary key bersama-sama partial key dari entitas lemah.
Gambar 2. Mapping ER ke Tabel Untuk Entitas Lemah

3. Berdasarkan algoritma nomor 2 aturan tentang relasi multivalue atribut.Untuk setiap multivalued atribut R, 
  • Buatlah tabel baru R yang menyertakan atribut dari multivalue tersebut. 
  • Tambahkan primary key dari relasi yang memiliki multivalue tersebut. Kedua atribut tersebut membentuk primary key dari tabel R.
Gambar 3. Mapping Multivalue Atribute

4. Untuk setiap relasi binary 1:1, tambahkan primary key dari sisi yang lebih “ringan” ke sisi (entitas) yang lebih “berat”. Suatu sisi dianggap lebih “berat” timbangannya apabila mempunyai partisipasi total. Tambahkan juga simple atribut yang terdapat pada relasi tersebut ke sisi yang lebih “berat”.

Gambar 4. Mapping Relasi Binary 1:1

5. Untuk setiap relasi binary 1:N yang tidak melibatkan entitas lemah, tentukan mana sisi yang lebih “berat” (sisi N). Tambahkan primary key dari sisi yang “ringan” ke tabel sisi yang lebih “berat”. Tambahkan juga seluruh simple atribut yang terdapat pada relasi biner tersebut.

Gambar 5. Mapping ER ke Tabel Relasi One to Many

6. Untuk setiap relasi binary M:N, buatlah tabel baru R dengan atribut seluruh simple atribut yang terdapat pada relasi biner tersebut. Tambahkan primary key yang terdapat pada kedua sisi ke tabel R. Kedua foreign key yang didapat dari kedua sisi tersebut digabung menjadi satu membentuk primary key dari tabel R.
Gambar 6. Mapping ER to Tabel relasi one to many

7. Untuk setiap relasi n-ary (ternary), 
  • Buatlah tabel R yang menyertakan seluruh primary key dari entitas yang ikut serta. Sejumlah n foreign key tersebut akan membentuk primary key untuk tabel R. Tambahkan seluruh simple atribut yang terdapat pada relasi n-ary tersebut. 
  • Sama dengan proses yang dilakukan untuk langkah ke 6. Karena dalam ER-D perusahaan ini tidak ada relasi n-ary maka langkah ini tidak dilakukan.
Gambar 7. Mapping Untuk Relasi N-narry

Dengan menggunakan cara yang sama dapat dilakukan pemetaan ER diagram ke tabel untuk setiap relasi entitas dari ER diagram sistem basis data perusahaan A.

Gambar 8. Relasi Tabel Hasil Pemetakan ERD

TERIMAKASIH

Materi Kegiatan Belajar 5 :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Praktik DDL -- SATU --

Buat DATABASE dengan nama latihanlks Buat Tabel Data Siswa  Hasil  Tambahkan colum No HP dan Umur pada tabel Datasiswa  Hasilnya  Mer...