Halaman

DATA DEFINITION LANGUAGE (DDL)

 Tujuan :

1. Mampu memahami DDL

2. Mampu membuat script untuk pembuatan tabel dan mengupdate tabel

3. Mampu membuat dan menghapus indeks


Dasar teori

Data Definition Language (DDL) digunakan untuk membuat dan menghancurkan database dan objek database. Perintah3perintah ini terutama akan digunakan oleh database administrator selama fase setup dan penghapusan proyek database.

Mari kita melihat struktur dan penggunaan perintah DDL empat dasar:

a.    CREATE

Instalasi sistem manajemen database (DBMS) pada komputer memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola banyak database independen

b.    USE

Perintah USE memungkinkan Anda untuk menentukan database yang ingin bekerja dengan Anda dalam DBMS.

c.    ALTER

Setelah Anda telah membuat tabel dalam database, Anda mungkin ingin memodifikasi definisi itu. Perintah ALTER yang memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada struktur tabel tanpa menghapus dan menciptakan tabel baru dengan nama yang berbeda.

d.    DROP

Perintah terakhir dari Data Definition Language, DROP yang memungkinkan kita untuk menghapus seluruh objek database dari DBMS. Gunakan perintah ini dengan hati3hati! Ingat bahwa perintah DROP menghapus data keseluruhan struktur dari database Anda.

e.  CONSTRAINT 

Batasan atau aturan yang ada pada table. SQL Server menyediakan beberapa tipe constraint berikut :

1. NOT NULL Suatu kolom yang didefinisikan dengan constraint NOT NULL tidak boleh berisi nilai NULL. Kolom yang befungsi sebagai kunci primer (primary key) otomatis tidak boleh NULL. 

2. UNIQUE Mendefinisikan suatu kolom menjadi bersifat unik, artinya antara satu data dengan data lainnya namanya tidak boleh sama, misal alamat email. 

3. PRIMARY KEY Constraint PRIMARY KEY membentuk key yang unik untuk suatu table. 

4. FOREIGN KEY FOREIGN KEY constraint didefinisikan pada suatu kolom yang ada pada suatu table, dimana kolom tersebut juga dimiliki oleh table yang lain sebagai suatu PRIMARY KEY, biasa dipakai untuk menghubungkan antara 2 tabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Praktik DDL -- SATU --

Buat DATABASE dengan nama latihanlks Buat Tabel Data Siswa  Hasil  Tambahkan colum No HP dan Umur pada tabel Datasiswa  Hasilnya  Mer...