Halaman

Prosedur dan Kegunaan Function Visual Basic

Function mirip dengan sebuah prosedur normal dengan tujuan utama dari sebuah fungsi adalah untuk menerima masukan tertentu dan mengembalikan nilai yang diteruskan ke program utama untuk menyelesaikan eksekusi. 

Ada dua jenis fungsi dalam Visual Basic yaitu fungsi Built In (fungsi internal) dan fungsi-fungsi yang dibuat oleh programmer. 

Syntax umum dari sebuah Function adalah 

FunctionName (Argumen) 

Argumen merupakan nilai yang diteruskan ke fungsi. Pada sub bab ini kita akan mempelajari dua buah fungsi internal dasar Visual Basic yaitu fungsi MsgBox () dan inputBox ().

1. Fungsi MsgBox () 

Kegunaan dari sebuah MsgBox adalah untuk menampilkan message box (kotak pesan) dan meminta pengguna untuk mengklik tombol perintah sebelum mereka dapat melanjutkan. 

Sintaks dari MsgBox () adalah :

yourMsg = MsgBox(Prompt, Style Value, Title)

Pada argumen pertama yaitu Prompt, akan menampilkan pesan pada message box, Style Value akan menentukan tipe dari tombol perintah yang muncul pada message box, sedangkan Title akan menampilkan judul dari kotak pesan. 

Tabel di bawah ini jenis dari tombol perintah yang ditampilkan pada tampilan message box :

Style Value

Nama Konstanta

Tampilan Tombol

0

vbOkOnly

Tombol OK

1

vbOKCancel

Tombol OK dan Cancel

2

vbAbortRetryIgnore

Tombol Abort, Retry, Ignore

3

vbYesNoCancel

Tombol Yes, No dan Cancel

4

vbYesNo

Tombol Yes dan No

5

vbRetryCancel

Tombol Retry dan Cancel

Kita dapat menggunakan konstanta bernama untuk bilangan bulat pada argumen kedua agar program lebih mudah dibaca. Visual Basic secara otomatis akan muncul daftar nama konstanta dan Anda dapat memilih salah satu diantaranya.

Contoh : 

yourMsg = MsgBox (“Klik OK Untuk Melanjutkan”, 1, “Startup Menu”) 

dan 

yourMsg = Msg (“Klik OK Untuk Melanjutkan”, vbOKCancel, “Startup Menu”)

Fungsi dari kedua potongan script program diatas adalah sama. yourMsg adalah variabel yang menyimpan nilai-nilai yang dikembalikan oleh fungsi MsgBox (). Nilai-nilai tersebut ditentukan oleh jenis tombol yang diklik oleh pengguna. Nilai-nilai tersebut telah dideklarasikan sebagai tipe data Integer pada suatu prosedur.

Tabel di bawah ini menunjukkan nilai-nilai, nama konstanta dan tombol :  

Style Value

Nama Konstanta

Tampilan Tombol

1

vbOk

Tombol OK

2

vbCancel

Tombol Cancel

3

vbAbort

Tombol Abort

4

vbRetry

Tombol Retry

5

vbIgnore

Tombol Ignore

6

vbYes

Tombol Yes

7

vbNo

Tombol No


Contoh program :

Public Class Form1

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

Dim testmsg As Integer

          testmsg = MsgBox("Click untuk test", 1, "Test message")

    If testmsg = 1 Then

             MessageBox.Show("Anda telah menekan tombol OK")

                Else

             MessageBox.Show("Anda telah menekan tombol Cancel")

    End If

End Sub

End Class

Buatlah project dan form baru yang terdiri dari satu buah tombol button kemudian ketiklah script program diatas. Debug atau jalankan program di atas sehingga muncul jendela aplikasi seperti berikut :

Gambar 1. Tampilan Form Latihan Button

Tampilan gambar 1 muncul ketika pertama kali program dijalankan. Pilih tombol button “Test” dan kliklah tombol tersebut sehingga muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini.

Gambar 2. Tampilan MsgBox Latihan Button

Tampilan jendela baru di atas adalah representasi kode program baris ke tiga

testmsg = MsgBox("Click untuk test", 1, "Test message")

Script diatas berfungsi untuk memunculkan function MsgBox() yang diberi judul “Test message” dan terdapat tampilan teks “Click untuk test”. Jika tombol “OK” ditekan maka nilai variabel “testmsg” akan bernilai “1” dan bernilai “0” jika tombol “Cancel” ditekan.

Gambar 3. Tampilan MsgBox Hasil Penekanan Tombol OK

Jendela di atas akan muncul jika kita menekan tombol “OK”. Tampilan jendela baru diatas adalah representasi kode program baris ke empat dan ketiga.

If testmsg = 1 Then 
MessageBox.Show("Anda telah menekan tombol OK")

Kode program diatas menunjukkan jika nilai variabel “testmsg” bernilai “1” maka akan memunculkan function MsgBox() yang memberi informasi “Anda telah menekan tombol OK”. 

Jika tombol “Cancel” ditekan maka variabel “testmsg” akan bernilai “0” sehingga kode program berikut akan di eksekusi.

Else 

   MessageBox.Show("Anda telah menekan tombol Cancel") 

End If


Program di atas dieksekusi karena nilai “testmsg” tidak bernilai “1” sehingga program “Else” akan dijalankan dan akan muncul function MsgBox() yang memberi informasi “Anda telah menekan tombol Cancel” seperti tampak pada gambar 4 di bawah ini.

Gambar 4. Tampilan MsgBox Hasil Penekanan Tombol Cancel


2. Fungsi InputBox ()

Fungsi InputBox () akan menampilkan sebuah kotak pesan jika pengguna dapat memasukkan sebuah nilai atau pesan dalam form dari teks. Pada Visual Basic 2010 Anda akan menemukan format seperti berikut :

myMessage = InputBox(Prompt, Title, default_text, x-position, y-position)

myMessage adalah variabel sebuah data yang dideklarasikan bertipe string, variabel ini berfungsi untuk menerima input pesan dari pengguna. Argumen dari sintak diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Prompt : pesan ditampilkan sebagai sebuah pertanyaan. 
  • Title : Judul dari Input Box
  • Default text : Teks standar yang muncul pada kotak input dimana pengguna dapat menggunakannya sebagai sebuah masukan atau dapat juga dirubah menjadi pesan yang ingin dimasukkan oleh pengguna.
  • x-position dan y-position : posisi atau koordinat dari input box.
Contoh program dari fungsi InputBox ():

Public Class input_box
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

Dim Data_In As String

Data_In = Microsoft.VisualBasic.InputBox("Masukan pesan/input anda!", "Message Entry Form","Tulis pesan/input anda disini", 200,   300)

If Data_In <> "" Then MessageBox.Show(Data_In, "input yang telah anda masukan")
  Else
  MessageBox.Show("Tidak ada pesan/input")
End If
End Sub
End Class 

Tambahkan form baru yang terdiri dari satu buah tombol button kemudian ketiklah script program diatas. Debug atau jalankan programm di atas sehingga muncul jendela aplikasi seperti berikut.
Gambar 5. Tampilan Awal Aplikasi InputBox

Tampilan gambar 5 di atas muncul ketika pertama kali program dijalankan. Pilih tombol button “Tampilkan input Box” dan kliklah tombol tersebut sehingga muncul jendela baru seperti gambar 6 di bawah ini.
Gambar 6. Tampilan Aplikasi InputBox

Tampilan jendela baru diatas adalah representasi kode program baris ke tiga 

Data_In = Microsoft.VisualBasic.InputBox("Masukan pesan/input anda!", "Message Entry Form", "Tulis pesan/ input anda disini", 200, 300)

Script diatas berfungsi untuk memunculkan function MsgBox() yang diberi judul “Message Entry Form” dan terdapat tampilan teks “Masukan pesan/input anda!”. Dibagian bawah dari jendela baru tersebut terdapat input box yang berisi tulisan “Tulis pesan/input anda disini”. Jika teks pada input tersebut dan kita ganti dengan teks kita sendiri (contoh : Motor AC Asinkron 3-Phase) dan tombol “OK” ditekan maka nilai variabel “Data_In” akan bernilai string teks “Motor AC Asinkron 3-Phase”.

Gambar 7. Input Text "Motor AC Asinkron 3-Phase"

Pada akhir kode program diatas, terdapat huruf 200,300 yang artinya tampilan jendela baru akan diletakan pada koordinat x=200 dan y=300. Sehingga ketika tombol “OK” kita tekan akan muncul jendela baru sebagai berikut:
Gambar 8. Tampilan Hasil Proses Aplikasi InputBox

Tampilan jendela baru MsgBox diatas merepresentasikan kode program baris ke tiga dan ke empat 

If Data_In <> "" Then 
MessageBox.Show(Data_In, "input yang telah anda masukan")

Teks yang kita ketikkan ke dalam input box akan disimpan ke dalam variabel Data_In yang bertipe data string. Kode If Data_In <> "" artinya menanyakan kondisi variabel Data_In, jika nilai Data_In di isi nilai teks (tidak kosong) maka program akan mengeksekusi perintah dibawahnya, yaitu : 

MessageBox.Show(Data_In, "input yang telah anda masukan")

Potongan program diatas memiliki makna sebagai berikut, karena syarat terpenuhi (Data_In berisi teks) maka akan dimunculkan jendela baru MessageBox yang berjudul “input yang telah anda masukan” dan juga terdapat teks sesuai dengan Data_In (contoh : Motor AC Asinkron 3-Phase).

Jika input box kita kosongkan (tidak terisi satu huruf/karakter apapun) maka syarat di atas tidak akan terpenuhi. Sehingga program akan lompat ke baris enam sampai delapan.

Else 
MessageBox.Show("Tidak ada pesan/input") 
End If 

Potongan program di atas di eksekusi karena syarat dari program sebelumnya tidak terpenuhi. Sehingga akan memunculkan jendela MessageBox baru yang bertuliskan teks “Tidak ada pesan/Input”.
Gambar 9. Tampilan Tidak Ada Input Pada InputBox

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Praktik DDL -- SATU --

Buat DATABASE dengan nama latihanlks Buat Tabel Data Siswa  Hasil  Tambahkan colum No HP dan Umur pada tabel Datasiswa  Hasilnya  Mer...