Halaman

Deklarasi dan Penggunaan Variabel Visual Basic

Mendeklarasikan Variabel

Variabel adalah lokasi penyimpanan data sementara dalam program kita. Kita bisa menggunakan satu atau banyak variabel pada kode program dan variabel dapat mengandung kata-kata, angka, tanggal atau properti. Variabel sangat berguna karena dengan variabel kita bisa menggunakan nama yang singkat dan mudah diingat untuk setiap data yang ingin digunakan. Variabel bisa menyimpan informasi yang dimasukkan pemakai pada saat program dijalankan, hasil dari perhitungan tertentu atau data yang ingin ditampilkan pada form kita. Jadi variabel adalah sarana yang sederhana yang bisa digunakan untuk menyimpan hampir semua jenis informasi.

Variabel harus dideklarasikan sebelum digunakan. Ketika mendeklarasikan variabel, ditentukan nama variabel dan tipe data yang akan digunakan oleh variabel tersebut. Dalam Visual Basic banyak perintah yang dipakai untuk mendeklarasikan suatu variabel. Tapi perintah yang sering digunakan adalah Dim. Dim kependekan dari Dimensi

Format standar perintah Dim adalah sebagai berikut :

                Dim NamaVar As TipeData

NamaVar adalah nama variabel yang dideklarasikan. TipeData adalah tipe data yang disimpan dalam variabel. 

Contoh deklarasi :

       Dim Hasil As Integer 
       Dim Nama As String

Jika variabel diletakkan di dalam prosedur maka variabel tersebut hanya bisa digunakan oleh prosedur tersebut atau dikenal sebagai lokal variabel. Dan jika variabel dideklarasikan di awal modul (diluar prosedur tapi masih dalam area Declaration), maka variabel tersebut bisa digunakan oleh seluruh prosedur dalam modul tersebut. 

Jika deklarasi Dim diganti dengan Public, maka variabel ini bisa digunakan diseluruh bagian aplikasi (variabel-variabel semacam ini disebut variabel global).

Gambar 1. Bagian Penulisan Program Visual Basic

Variabel global rawan kesalahan. Bisa saja terjadi suatu variabel global mempunyai nilai tidak seperti yang diharapkan karena nilainya secara tidak sengaja telah diganti di suatu prosedur.

Nama variabel harus mengikuti aturan sebagai berikut : 
  • Menggunakan huruf dan angka. 
  • Disamping angka atau huruf, karakter khusus misal “_” juga bisa dipergunakan. 
  • Nama variabel minimum 1 huruf maksimum 255 huruf. 
  • Tidak boleh ada spasi pada nama variabel.
Jika suatu variabel langsung digunakan tanpa dideklarasikan terlebih dahulu maka akan terjadi kemungkinan : 

1. Visual Basic menganggap variabel tersebut sebagai Variabel bertipe Variant, kecuali jika variabel diakhiri berikut :

Huruf Akhiran

Tipe Data

Contoh

%

Integer

Hasil%

&

Long

Penjualan&

!

Single

Netto!

#

Double

Volume#

@

Currency

Gaji@

$

String

Nama$


2. Penulisan beberapa variabel sekaligus dalam satu baris memungkinakan asalkan bertipe data sama, misalnya :

              Dim Hasil, Bilangan1, Bilangan2 As Integer

Pada contoh di atas variabel, bilangan1 dan bilangan2 dideklarasikan sebagai variabel bertipe integer. 

Penggunaan Variabel Dalam Program

Nilai pada suatu variabel bersifat sementara dan jika ada nilai baru maka nilai baru tersebut akan menggantikan nilai yang lama dari suatu operasi program. Contoh latihan dibawah ini menggambarkan bagaimana sebuah variabel dengan nama “LastName” diisi dengan suatu teks dan bagaimana teks tersebut ditampilkan. 

1. Buatlah Project baru dan form baru pada Visual Basic.
 
2. Berilah nama form1 dengan nama Variabel_Test dan buatlah tampilan dengan menggunakan beberapa komponen seperti tampak pada gambar 2.

Gambar 2. Tampilan Program Aplikasi Variabel_Test

3. Double klik lah pada tombol Tampilkan 
   Even prosedur Button1_Click akan tampak pada code editor. 

4. Ketiklah pernyataan dibawah ini untuk mendeklarasikan dan gunakan variabel dengan nama LastName :

   Dim LastName As String

   LastName = “Hasanuddin” 
   Label1.Text = LastName 

   LastName = “Ayam Jantan dari Timur” 
   Label2.Text = LastName 

Pernyataan program di atas ditulis dalam tiga bagian, pernyataan pertama mendeklarasikan variabel LastName menggunakan pernyataan Dim dan tipe data String. Pernyataan kedua dan ketiga menuliskan teks “Hasanuddin” pada variabel LastName, kemudian nama ini ditampilkan pada label pertama di jendela form. 
Pada baris keempat, isi variabel LastName akan diganti dengan teks “Ayam Jantan dari Timur”. String pada teks kedua terlihat lebih panjang daripada string teks pertama dan berisi beberapa jarak spasi atau ruang kosong.

5. Kembalilah pada jendela Form, kemudian double klik pada tombol Keluar. Even prosedur Button2_Click akan muncul pada code editor. Ketiklah pernyataan “End” untuk menghentikan program.
Maka tampilan program Anda akan terlihat seperti gambar 3 :

Gambar 3. Tampilan Kode Program

6. Klik tombol Save All pada toolbar untuk menyimpan program yang Anda buat. 

7. Klik Start Debugging pada toolbar untuk menjalankan program. 

8. Klik tombol Tampilkan
Program akan mendeklarasikan variabel dan mengisi nilai pada kedua variabel tersebut kemudian nilai dari dua variabel tersebut dikopikan pada label, oleh Label.Text akan ditampilkan seperti pada jendela aplikasi di bawah ini :

Gambar 4. Tampilan Hasil Aplikasi Variabel_Test 

9. Untuk menghentikan program kliklah pada tombol Keluar. 

Penggunaan Variabel 

Untuk Input Data Salah satu penggunaan dari variabel adalah untuk menyimpan informasi yang telah dimasukkan oleh pengguna. InputBox digunakan untuk menyimpan inputandata dari pengguna dan akan disimpan pada sebuah variabel. 

Berikut contoh penggunaan variabel pada InputBox untuk mengolah teks yang telah diinput oleh pengguna. 

Penggunaan fungsi dari InputBox : 

1. Buatlah Project dan form baru pada menu File 

2. Kliklah Form1.vb pada Solution Explorer dan pilih tombol View Designer. 

3. Buatlah layout design interface yang terdiri dari dua buah tombol Button dan satu buah label seperti gambar 5.
Gambar 5.  Layout Design Interface dua tombol Button dan satu Label

4. Double klik pada tombol “Masukan data”. 

5. Ketikalah pernyataan dibawah ini untuk mendeklarasikan dua buah variabel dan memanggil fungsi dari InputBox : 

   Dim Prompt, Nama As String 

   Prompt = “Masukkan Nama Anda” 

   Nama = InputBox(Prompt) 

   Label1.Text = Nama

Potongan program di atas mendeklarasikan dua buah variabel dengan menggunakan pernyataan Dim yaitu Prompt dan Nama. Kedua variabel dideklarasikan menggunakan tipe data String. Baris kedua menunjukkan variabel Prompt berisi teks “Masukan Nama Anda!” bertipe string. Isi teks variabel prompt tersebut akan di tampilkan pada layar dialog inputBox. 

Baris berikutnya disebut fungsi InputBox, InputBox merupakan fungsi dari Visual Basic yang menampilkan dialog box dan input teks pada layar. Input Teks ini nantinya akan diisikan data oleh pengguna dan data tersebut disimpan ke dalam variabel Nama. dan prompt dari pengguna untuk diinput. 

Setelah data disimpan di variabel nama, kemudian program baris ke empat melakukan eksekusi mengopi isi data string yang tersimpan pada variabel nama untuk dituliskan pada properties text komponen label1 yang terdapat pada form utama. 

6. Simpanlah pekerjaan Anda lalu klik Start Debugging pada toolbar dan jalankan program tersebut. 

7. Klik tombol Input Box. Visual Basic mengeksekusi Button1_Click pada event prosedur dan dialog box akan ditampilkan pada layar seperti pada gambar 6.

Gambar 6. Tampilan InputBox Aplikasi Penggunaan Variabel

8. Ketiklah nama lengkap Anda dan klik OK

InputBox memasukkan nama Anda ke program dan menempatkannya pada variabel FullName. Program ini digunakan untuk menampilkan nama Anda di form seperti gambar 7.

Gambar 7. Tampilan Nama Anda di Form

Gunakan fungsi InputBox ini pada program kapanpun anda inginkan untuk memberikan informasi kepada pengguna. Anda dapat mengkombinasikannya dengan komponen kontrol lain untuk memberikan input ataupun output pada program. 

9. Klik tombol Keluar pada form untuk menghentikan atau keluar dari program.

Penggunaan Variabel Sebagai Output 

Anda dapat menampilkan nilai dari variabel dengan menggunakan properti Text pada komponen properti lain. Contohnya dengan menggunakan komponen Label dan Rich Text, kita dapat mengecek nilai variabel tersebut dengan mengumpankan nilai variabel pada properti text dari Label atau Rich Text tadi. 

Cara lain kita dapat mengumpankan nilai variabel tersebut ke sebuah argumen menggunakan Dialog Box. Salah satu kegunaan dari Dialog Box adalah untuk menampilkan output dari MsgBox. Ketika kita memanggil fungsi MsgBox, maka akan muncul suatu jendela Dialog Box dengan berbagai macam variasi yang dapat kita atur lebih detail. 

Sebagai contoh kita menggunakan Input Box, di mana akan diperlukan satu atau lebih suatu argumen sebagai input, dan hasil dari input tersebut akan disimpan pada suatu variabel.

Kode program untuk fungsi MsgBox adalah sebagai berikut : 

    Variabel = MsgBox(Prompt, Buttons, Title) 

Di mana Prompt adalah teks yang akan dimunculkan pada message box, Buttons merupakan spesifikasi dari tombol, ikon, dan komponen lain untuk menampilkan message box dan Title adalah judul yang akan ditampilkan pada bagian atas jendela message box. Variabel merupakan tempat penyimpan data teks yang di inputkan oleh pengguna. 

Berikut ini contoh pembuatan program untuk menampilkan MsgBox :

1. Gunakan latihan program sebelumnya, lakukan double klik pada tombol “Masukan Data” pada form sehingga kursor akan menuju ke form Code Editor. 

2. Pilih pernyataan pada even prosedur (baris terakhir dari program) 

    Label1.Text = Nama 

Pernyataan ini akan menampilkan isi dari variabel Nama pada label. 

3. Hapuslah pernyataan tersebut dengan menekan tombol DELETE. 

4. Ketiklah pernyataan berikut iini pada code editor.  

    MsgBox(Nama, , “Hasil Masukan”)

Ini merupakan pernyataan baru yang dinamakan fungsi MsgBox. MsgBox akan menampilkan isi dari variabel Nama pada dialog box dan menuliskan “Hasil Masukan” pada judul title bar. Code editor program Anda akan tampak seperti berikut :
Gambar 8. Code Editor Program

5. Klik Start tombol Debugging pada toolbar untuk menjalankan program. 

6. Klik tombol Input Box dan ketiklah nama Anda pada input box kemudian klik OK. 

Visual Basic mengirimkan masukan tersebut pada variabel Nama dan menampilkannya pada message box. Setelah mengetik nama (contoh : Susi Susanti), maka akan tampak tampilan seperti berikut ini : 

Gambar 9. Tampilan Hasil Aplikasi Variabel_Test

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Praktik DDL -- SATU --

Buat DATABASE dengan nama latihanlks Buat Tabel Data Siswa  Hasil  Tambahkan colum No HP dan Umur pada tabel Datasiswa  Hasilnya  Mer...